RSS

Selasa, 24 November 2009

Surat: Dapatkah Indonesia berubah?

Saya pertama kali datang ke Indonesia sekitar 30 ditambah tahun yang lalu ketika masih muda dan tinggal di sini selama beberapa tahun. Walaupun orang asing, aku punya hubungan pribadi yang kuat untuk Indonesia, dan saya percaya karena ini aku punya hak untuk mengomentari keadaan dalam negeri ini.

Aku kembali ke Inggris dan tinggal di sana selama sekitar 20 tahun, namun sekitar tiga tahun yang lalu saya kembali ke Indonesia. Aku selalu merencanakan untuk kembali. Ketika saya tinggal di sini bertahun-tahun yang lalu, orang-orang begitu baik, hangat, dan murah hati, dan sementara aku pergi, aku selalu kerinduan untuk kembali dan pengalaman lagi yang merasa memiliki. Oh, betapa hal-hal yang berubah!

My eksposur ke Indonesia selama tiga tahun ini terbatas pada sebagian besar Bandung dan Jakarta dan komentar saya didasarkan pada lingkungan ini, ditambah apa yang saya telah membaca dan melihat di TV. Saya telah belajar dari pengalaman pahit bahwa seseorang harus menjadi sinis untuk bertahan hidup. Saya telah ditipu, dibohongi, diperas dan diperlakukan buruk umumnya pada begitu banyak kesempatan, dan begitu teratur bahwa sekarang tidak mungkin untuk mengingat semua pengalaman. Saya telah sering mengatakan bahwa aku na * ve dan bahwa aku bersalah karena percaya pada apa yang saya bilang, di percaya dalam apa yang dijanjikan, dan memiliki pola pikir yang tidak realistis. Namun, jauh melampaui menerima ditipu sebagai norma.

Kegagalan saat ini melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Polri, Kejaksaan dan banyak pemain lain, berjalan jalan di luar curang dan berbohong, bahkan di luar korupsi. Satu mendapat perasaan bahwa ada gratis-untuk-semua hiruk-pikuk, bahwa tidak ada aturan, tidak ada hati nurani, dan tidak ada batas untuk apa kejahatan atau dosa dapat berkomitmen untuk mencapai tujuan akhir. Tidak ada kehormatan, bahkan di antara pencuri. Tidak ada yang terlalu tercela, sesuatu yang terlalu jahat, tidak ada penderitaan yang dapat ditimbulkan terlalu ekstrim, dan semua orang yang dibuang. Lubuk kebejatan melampaui batas dalam usaha untuk menimbulkan pukulan seorang pembunuh, untuk meletakkan orang yang berdiri di jalan, dengan cara apapun. Mintalah pria dan wanita biasa menjadi begitu terinfeksi oleh orang-orang, di antaranya tampaknya ada begitu banyak, yang akan merendahkan tingkat apapun untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, bahwa mereka sendiri sekarang membawa penyakit? Atau, adalah bahwa orang telah dipakai turun dan sekarang puas dengan apa yang terjadi di sekitar mereka?

Saya mengerti bahwa Indonesia memiliki perekonomian terbesar di Asia Tenggara, tapi bagaimana yang menerjemahkan dalam arti riil, dalam manfaat nyata bagi penduduk secara keseluruhan? Melihat ibu kota kita harus bertanya-tanya bagaimana hal itu masuk akal. Jakarta, mungkin salah satu kota paling jelek di dunia, adalah setengah penuh menyelesaikan proyek-proyek itu, Transjakarta busway dan monorel untuk nama hanya dua.

Kota ini menderita luka kekuasaan sehari-hari, karena tahun manajemen yang buruk dan kurangnya investasi. Ada memburuknya banjir setiap tahun, yang menyebabkan penderitaan besar, dampak yang akan dikurangi jika ada keinginan nyata untuk melakukan sesuatu tentang hal itu. Ini peringkat sebagai salah satu kota yang paling tercemar di planet karena terus meningkatnya jumlah kendaraan di jalan-jalan, tapi tidak ada hanya sistem transportasi alternatif bagi orang-orang untuk menggunakan.

Semua kota-kota dan sungai tidak lebih bahwa saluran pembuangan. Trotoar jalan dan berada dalam kondisi yang mengerikan, ada terlalu sedikit taman dan ruang hijau bagi masyarakat untuk bersantai dan menikmati waktu senggang mereka; bandara, orang nomor satu entry point ke negara itu, hanyalah sebuah aib. Ada sampah dan sampah yang berserakan di mana-mana dan ke atas itu lepas, Jakarta tenggelam. Namun, ada mall, banyak mal: Tanyakan pada setiap Jakartan mana mereka pergi untuk sedikit budaya, dan mereka mungkin akan mengatakan sebuah mal. Jakarta adalah contoh memberatkan harga Indonesia membayar bagi mereka yang berbohong, menipu, dan memeras.

Dapatkah itu berubah? Apakah ini titik balik bahwa banyak harapan? Apakah mereka yang memiliki kekuasaan untuk membuat perubahan benar-benar memiliki kemauan untuk melaksanakannya? Atau, adalah semua orang yang memiliki kekuasaan untuk membuat perubahan begitu dalam tertanam diri mereka sendiri, bahwa pemeliharaan diri harus lebih diutamakan? Jika semua pejabat yang korup sudah tidak ada, apakah ada orang kiri untuk membersihkan berantakan? Apakah ada orang yang memiliki keberanian, yang hanya tertarik pada bangsa, tanpa agenda pribadi, yang dapat menerima tantangan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar